Berdayakan Pesantren, IAIN Salatiga Gandeng PC RMI NU Lamongan

Maret 12, 2019

Lamongan, nulamongan.or.id
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga Jawa Tengah bekerja sama dengan PC RMI NU Lamongan menggelar acara pengabdian masyarakat melalui pemberdayaan Pesantren di Pondok Pesantren Putri Al Fatimiyah Paciran Lamongan.

Acara yang bertemakan Harapan dan Tantangan Pesantren di Era Disrupsi Revolusi Industri 4.0 dikemas dengan bentuk seminar yang menghadirkan nara sumber bapak Drs. Sholeh, M.Si selaku Kepala Kemenag Lamongan, H. Abdullah Adib Haad, M.Pd.I selaku Ketua Yayasan Putri Al fatimiyah Paciran Lamongan dan juga Ketua PC RMI NU Lamongan, dan bapak Dr. KH. Agus Ahmad Su’aidi, Lc., MA selaku Dosen senior IAIN Salatiga Jawa Tengah.

Acara yang juga mendatangkan perwakilan dari pengasuh dan pengurus pondok-pondok pesantren dalam naungan PCNU Lamongan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora IAIN Salatiga Dr. Benny Ridwan, M.Hum.

Dikatakan Pak Benny Selasa (12/3) bahwa IAIN Salatiga yang berada di Jawa Tengah hadir jauh-jauh ke Lamongan dalam rangkah bekerja sama dengan pondok pesantren putri Al Fatimiyah dan juga pondok-pondok pesantren di Lamongan untuk peningkatan pendidikan santri ke jenjang pendidikan tinggi. 

"pesantren-pesantren di Lamongan bisa menjadi mitra IAIN Salatiga dalam pengembangan SDM santri”, imbuhnya.

Senada dengan hal itu,  Kepala Kemenag Kabupaten Lamongan Drs. Sholeh, M.Si mengatakan, Pondok pesantren hari ini harus berbenah dari segala hal,  baik pembangunan, pengembangan SDM dan lain sebagainya.

"Terutama dalam hal data pesantren, hal ini berbeda dengan pondok-pondok pesantren dulu yang tidak terlalu terlihat dalam bangunan gedung dan fasilitasnya dikarena santri belum sepenuhnya membutuhkan itu” tambahnya.

Kepala Kemenag Lamongan tersebut mengungkapkan rasa syukurnya karena saat ini pondok-pondok pesantren sudah mandiri dan mampu mengembangkan pondok pesantrennya masing-masing melalui unit usaha-usaha yang ada di pondok pesantren.

Dalam kesempatan yang sama acara tersebut juga di tandai dengan adanya penandatangan MoU antara IAIN Salatiga dengan kemenag kabupaten Lamongan sebagai wujud kemitraan dalam pengembangan pendidikan dan yang lainnya.

Share this

Baca

Previous
Next Post »